Tugas Enterprenuership
Franchise/Waralaba

(
Kentucky Fried Chicken )
![]() |
DISUSUN OLEH :
Muhamad Yasin,
Ari Apriyani,
Denny Sulistio
Gregorius Dewangga,
Eko Sumantri
![]() |
AMIK
MANAJEMEN INFORMATIKA
BSI
SERPONG
Dartaf
ISI
SAMPUL
Daftar
ISI I
A.
Sejarah Perusahaan …………………………………………………………. 1
1. KFC Internasional
…………………………………………………………... 1
Kisah
Colonel Sanders
The
Secret Recipe
Evolusi
Logo KFC
2. KFC Indonesia
……………………………………………………………… 4
B. Visi dan
Misi Perusahaan KFC ………………….………………………….. 4
Visi Perusahaan
Misi Perusahaan
C. Marketing Mix Perusahaan KFC ………………………………………… 5
1. Product
……………………………………………………………………. 5
2. Price ………………………………………………………………………. 6
Faktor-faktor pendapatan ekonomi
3. Place
……………………………………………………………………….. 6
a. Lokasi
b. Penempatan Outlet
4. Promotion
……………………………………………………………….... 7
D. Analisis Eksternal Perusahaan
……………………………………………. 8
1. Perumusan
Strategi ………………………………………………………. 8
Analisa SWOT
A.
Kekuatan
B.
Kelemahan
C.
Peluang
D.
Ancaman
2. Strategi Kentucky Fried Chicken dalam mempertahankan
posisinya
sebagai market leader Master
………………………………… 9
3. Perencanaan Aliansi ………………………………………………………. 10
1). Pengembangan Strategi.
2). Penilaian Rekanan.
3). Negosiasi Kontrak.
4). Operasionalisasi Aliansi.
5). Pemutusan Aliansi.
4. Strategi promosi KFC lewat Band Indie ………………………………… 11
5. Strategi Frenchise KFC …………………………………………………… 13
Daftar Pustaka II
A.
Sejarah Perusahaan
1.
KFC
International
Kentucky
Fried Chicken ® ini didirikan oleh Colonel Harland Sanders
(lahir pada 9 September 1890) pada usia enam puluh lima. KFC ® merupakan salah
satu bisnis terbesar global industri pelayanan makanan dan secara luas dikenal
di seluruh dunia sebagai wajah Colonel Sanders.
Setiap tahun, lebih dari satu miliar chicken dinner KFC ® dilayani menampilkan Colonel’s “finger lickin’ good” special recipe. Saat ini Kolonel telah menyebarkan industrinya untuk lebih dari delapan puluh negara dan teritori di seluruh dunia.
Kisah
Colonel Sanders Pada umur 6 tahun, ayahnya
meninggal dunia. Ibunya sudah tidak bisa bekerja lagi, dan Harland muda sudah
harus menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun. Dengan kondisi ini
ia harus memasak untuk keluarganya. Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak
di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia mendapatkan pekerjaan
pertamanya didekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ketika berumur 12
tahun ibunya kembali menikah dan ia meninggal di rumah tempat tinggalnya dekat
Henryville, Ind. Harland berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun,
pertama sebagai tukang parkir pada usia 15 tahun di New Albany, Ind., dan
kemudian sebagai pada usia 16 tahun menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan
di Kuba. Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum
melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapal feri,
penjual ban, dan operator bengkel.
Pada usia empat puluh tahun, Colonel Sanders mulai memasak untuk turis di bengkelnya yg terletak di Corbin, KY. Namun, bukan datang untuk layanan mobil mereka, ratusan orang mulai datang ke stasiun Kolonel khusus untuk makanan. Jadi ia memperluas baru-dan-bisnis datang dengan bergerak di seberang jalan ke hotel dan restoran yang kapasitasnya 142 orang. Saat memasak di sini, Colonel Sanders menyempurnakan rahasia sebelas campuran bumbu dan rempah-rempah untuk resep khusus yang masih digunakan sekarang.
Dengan teknik memasak khusus, Sanders’ station menjadi terkenal dan ia diakui untuk masakan yang luar biasa oleh Gubernur pada waktu itu, Ruby Laffoon pada tahun 1935 ketika ia membuat Kentucky Kolonel; maka nama Colonel Sanders. Pada tahun 1939, Colonel Sanders 'restoran memenangkan teratas di Duncan Hines "Adventures in Good Eating."
Setelah start-up luar biasa pada tahun 1952, Kolonel meyakinkan dirinya selama sisa hidupnya kepada usaha waralaba ayam. Untuk menyebarkan resepnya yang terkenal, ia membentang negara di mobilnya dari usaha kecil di Kentucky untuk memasak dengan ayam untuk pemilik restoran dan karyawannya. Jika mencintai rakyatnya seperti pelanggan yang lain itu, Kolonel membuat kesepakatan dengan pembentukan, mengatakan bahwa mereka akan membayar satu sen untuk setiap ayam mereka dijual di restoran mereka. Begitu banyak restoran setuju bahwa dengan tahun 1964, Kolonel telah lebih dari enam ratus outlet waralaba di Amerika Serikat dan Kanada untuk ayam. Juga pada tahun 1964, Colonel Sanders memutuskan untuk menjual bunga di Amerika Serikat perusahaan untuk perubahan kecil (hanya US $ 2 juta) untuk faksi kecil investor, seperti John Y. Brown Jr, Gubernur Kentucky dari tahun 1980 sampai 1984. Namun, Colonel Sanders terus menjadi juru bicara publik KFC ® dan pada tahun 1976, ia diangkat menjadi kedua di dunia selebriti paling diidentifikasi oleh survei independen.
Dengan kelompok baru ini investor melaksanakan Corporation, KFC ® diperluas dan matang dengan cepat. Corporation terdaftar pada New York Stock Exchange pada 16 Januari 1969, hanya tiga tahun setelah itu pergi publik pada 17 Maret 1966. Kemudian, setelah perusahaan KFC ® diakuisisi oleh Heublein Inc pada 8 Juli 1971 untuk $ 285 million, perusahaan berkembang menjadi memiliki 3.500 waralaba dan restoran di seluruh dunia.
Selanjutnya, Heublein Inc. yang berikutnya diakuisisi oleh RJ Reynolds Industries, Inc (sekarang RJR Nabisco, Inc) pada tahun 1982, membuat Kentucky Fried Chicken ® sebuah anak perusahaan dari Reynolds. Setelah itu, pada bulan Oktober tahun 1986, PepsiCo, Inc melakukan pembelian sebesar $ 840 juta dari RJR Nabisco, Inc
Namun, pada Januari 1997, PepsiCo, Inc mengungkapkan bahwa itu akan membuat KFC ® dan kecil lainnya restoran cepat - Taco Bell dan Pizza Hut - menjadi perusahaan restoran independen yang dikenal sebagai Tricon Global Restaurants, Inc Perusahaan ini juga menyatakan bahwa hal itu akan mengubah nama korporasi Yum! Brands, Inc dalam bulan Mei 2002. Perusahaan ini, yang sekarang ini memiliki A & W All-American Food Restoran, KFC, Long John Silvers, Pizza Hut dan Taco Bell restoran, adalah restoran utama dunia perusahaan dalam hal sistem unit, memiliki menyesakkan 32.500 unit di lebih dari seratus negara dan wilayah.
Sayangnya, setelah melakukan perjalanan 250 ribu mil setiap tahun mengunjungi restoran di seluruh dunia, Colonel Sanders meninggal karena leukemia pada 16 Desember 1980 pada usia sembilan puluh tahun.Yang cukup menarik, perusahaan global yg sangat besar ini, semua dimulai dengan hanya pria berumur enam puluh lima tahun dan seekor ayam.
The Secret Recipe
Selama
bertahun-tahun, Kolonel Harland Sanders membawa formula rahasia untuk Kentucky
Fried Chicken di kepalanya dan campuran rempah-rempah di mobilnya. Hari ini,
resep terkunci jauh di tempat yang aman di Louisville, Kentucky. Hanya
segelintir orang yang tahu, dan masing-masing berkewajiban untuk kerahasiaan
ketat oleh kontrak.
Kolonel
mengembangkan rumus kembali di tahun 1930-an ketika ia mengoperasikan
Pengadilan Sanders & Cafe restoran dan motel di Corbin, Kentucky. Sana,
perpaduan dari 11 bumbu dan rempah-rempah yang pertama kali dikembangkan
pelanggan setia.
"Pada masa itu, aku mencampur dengan tangan rempah-rempah seperti pencampuran semen pada lantai beton yg dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin," kenang Kolonel. "Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan dalam tepung dan kemudian dicampur dengan hati-hati dalam bumbu dan rempah-rempah."
Evolusi logo KFC
"Pada masa itu, aku mencampur dengan tangan rempah-rempah seperti pencampuran semen pada lantai beton yg dibersihkan khusus di beranda belakang di Corbin," kenang Kolonel. "Aku menggunakan sendok untuk membuat terowongan dalam tepung dan kemudian dicampur dengan hati-hati dalam bumbu dan rempah-rempah."
Evolusi logo KFC
![]() |
Pada April 2007, KFC meluncurkan logo mereka saat ini di mana Kolonel melepas jas putih untuk juru masak merah celemek. Logo baru termasuk warna lebih berani dan lebih baik didefinisikan wajah almarhum pendiri Kentucky Fried Chicken, yang akan menjaga dasi kupu-kupu hitam klasik, kacamata dan jenggot. Logo berubah hanya untuk keempat kalinya dalam 50 tahun, dan untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade. Kolonel yang tersenyum adalah fitur terhadap latar belakang merah yang cocok dengan celemek merahnya, dengan nama merek KFC di huruf tebal hitam di bawah dagu.
Perusahaan juga mulai menggunakan sebutan aslinya Kentucky Fried Chicken lagi untuk kemasan, signage, dan iklan di Amerika Serikat sebagai bagian dari program branding-ulang perusahaan; restoran yang lebih baru dan direnovasi akan memiliki logo baru dan nama sementara toko-toko yang lebih tua akan terus menggunakan signage tahun 1991. Selain itu, perusahaan terus menggunakan singkatan KFC dengan bebas dalam iklan. Perusahaan internasional masih dikenal sebagai KFC.
Pada tahun 2006, KFC mengklaim telah membuat logo pertama yang terlihat dari luar angkasa, meskipun Readymix telah memiliki satu sejak tahun 1965. KFC mengatakan "Itu menandai debut resmi besar-besaran ulang gambar global kampanye yang akan kontemporasi 14.000+ restoran KFC di lebih dari 80 negara selama beberapa tahun mendatang." Logo ini dibangun dari 65.000 kotak berukuran satu kaki persegi, dan butuh enam hari di lokasi untuk membangun pada awal November. Logo diukur memecahkan rekor 87.500 kaki persegi (8,129.0 m²), dan ditempatkan di Gurun Mojave di dekat Rachel, Nevada.
2. KFC
Indonesia
PT
Fastfood Indonesia Tbk. adalah pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia,
didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan telah memperoleh sukses. Kesuksesan outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia, antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Keberhasilan yang terus diraih dalam pengembangan merek menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.
Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan
pengembangan Perseroan pada tahun 1990, dan pada tahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya. Kepemilikan saham mayoritas pada saat ini adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%) didistribusikan kepada Publik dan Koperasi. Perseroan memperoleh hak waralaba KFC dari Yum! Restaurants International (YRI), sebuah badan usaha milik Yum! Brands Inc., yaitu sebuah perusahaan publik di Amerika Serikat yang juga pemilik waralaba dari empat merek ternama lainnya, yakni Pizza Hut, Taco
Bell, A&W, dan Long John Silvers. Lima merek yang bernaung dibawah satu kepemilikan yang sama ini telah memproklamirkan Yum! Group sebagai fast food chain terbesar dan terbaik di dunia dalam memberikan berbagai pilihan restoran ternama, sehingga memastikan kepemimpinannya dalam bisnis multi-branding. Untuk kategori produk daging ayam cepat saji, KFC tak terkalahkan.
didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan telah memperoleh sukses. Kesuksesan outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia, antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Keberhasilan yang terus diraih dalam pengembangan merek menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.
Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan
pengembangan Perseroan pada tahun 1990, dan pada tahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya. Kepemilikan saham mayoritas pada saat ini adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%) didistribusikan kepada Publik dan Koperasi. Perseroan memperoleh hak waralaba KFC dari Yum! Restaurants International (YRI), sebuah badan usaha milik Yum! Brands Inc., yaitu sebuah perusahaan publik di Amerika Serikat yang juga pemilik waralaba dari empat merek ternama lainnya, yakni Pizza Hut, Taco
Bell, A&W, dan Long John Silvers. Lima merek yang bernaung dibawah satu kepemilikan yang sama ini telah memproklamirkan Yum! Group sebagai fast food chain terbesar dan terbaik di dunia dalam memberikan berbagai pilihan restoran ternama, sehingga memastikan kepemimpinannya dalam bisnis multi-branding. Untuk kategori produk daging ayam cepat saji, KFC tak terkalahkan.
B. VISI
DAN MISI PERUSAHAAN
1. Visi Perusahaan
Mempertahankan kepemimpinan KFC
dalam industry restoran cepat saji dan selalu menjadi brand Nomor
1.
2. Misi Perusahaan
Memperkokoh citra brand KFC
dengan strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, meningkatkan suasana
bersantap yang tak terlupakan dengan terus memberikan produk, layanan, serta
fasilitas restoran.
C. Marketing Mix Perusahaan KFC
1. Product
Produk adalah
baik nyata atau layanan tidak berwujud yang diproduksi massal atau diproduksi
dalam skala besar dengan volume spesifik unit. Produk tidak berwujud adalah
layanan berbasis seperti industri pariwisata & industri hotel atau kode
berbasis produk seperti ponsel beban dan kredit. Kemasan juga perlu
dipertimbangkan. Setiap produk tunduk pada siklus hidup, termasuk fase
pertumbuhan diikuti dengan periode yang akhirnya penurunan sebagai produk
pendekatan kejenuhan pasar. Untuk mempertahankan daya saing di pasar,
diferensiasi produk diperlukan dan merupakan salah satu strategi untuk
membedakan produk dari para pesaingnya.
Produk
yang dijelaskan pada perusahaan KFC merupakan sesuatu yang bisa ditawarkan pada
pasar untuk kepuasan yang diinginkan atau dibutuhkan. Keutaman pada perusahaan
ini adalah produk penjualan ayam goreng
yang ditawarkan dalam berbagai bentuk. Produk utama KFC adalah bagaimana cara
penggorengan yang digoreng sesuai dengan resep asli. Dan menawarkan extra
crispy yang menggunakan bumbu bawang putih serta melumuri bumbu pada ayam
sebelum di goreng pada standar mesin industry dapur KFC.
Graphic
segment KFC mmpunyai outlet penjualan internasional dan menjual produk sesuai
kebutuhan tempat. Di india KFC focus secara geografis bagaimana customer
meminta produk yang berbeda dari KFC tersebut. Di india utara ayam KFC
merupakan produk utama yang dijual , sementara di selatan yang di utamakan
adalah sayuran dengan banyak item yang dijual. Dalam segmentasi demografis,
pasar dibagi menjadi kelompok berdasarkan usia, jenis kelamin, ukuran keluarga,
pendapatan, pekerjaan, agama, ras, dan kebangsaan. KFC membagi pasar berdasarkan
demografi dengan cara:
o
usia antara 6-65
o
gender laki-laki dan perempuan
o
ukuran keluarga adalah 1-2, 3-4, 5 +
o
pendapatan Rp 10.000 n diatas
o
gaya hidup keluarga hampir semua.
Segmentasi
psikografis; membagi pasar ke dalam kelompok yang berbeda berdasarkan kelas sosial,
gaya hidup, atau karakteristik kepribadian disebut segmentasi psikografis. KFC
membagi pasar berdasarkan variabel psychographic seperti kelas sosial-atas dan kelas
menengah gaya hidup yang tidak spesifik kepribadian ambisius dan otoriter
pasar. Proses mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih dua atau
lebih segmen sebagai gerai KFC berada di daerah mewah dan harga terlalu tinggi
(overhead biaya-sewa, AC, karyawan), sehingga KFC target kelas atas dan tengah.
Target pasar tergantung ukuran dan tingkat pertumbuhan liat populasi, sumber
daya perusahaan dan daya tarik struktural segmen pasar.
Posisi
pasar KFC menggunakan atribut untuk positioning produk (ayam goreng) benteng
produk untuk menempati tempat yang jelas, khas dan diinginkan relatif terhadap
produk bersaing dalam benak target konsumen "di kfc umpan balik diambil
dari pelanggan untuk mengetahui permintaan pelanggan dan kemudian perbaikan
yang dibuat dalam produk”. KFC berfokus pada makanan yang murni dan segar dalam
rangka menciptakan posisi yang berbeda dan jelas dalam pikiran pelanggan kfc
memiliki nama merek yang kuat dan mereka memimpin pasar dalam ayam goreng.
2. Price
Harga adalah
jumlah uang yang setiap pelanggan harus membayar saat membeli produk. lebih
luas, harga adalah jumlah dari semua nilai-nilai yang konsumen pertukaran untuk
manfaat memiliki atau menggunakan produk atau jasa. Faktor demografis:
§ usia; pada umumnya tidak ada batas
usia fokus oleh kfc. Target dan fokus pada setiap individu dalam
suatu society. KFC menemukan demografis terbesar di setiap masyarakat muda.
§ gender: baik
laki-laki dan perempuan yang difokuskan oleh kfc, jenis kelamin tidak memainkan
peran apa pun di sini.
§ Ukuran rumah
tangga, ini memainkan peran penting dalam faktor demografi kfc. Umumnya mereka
menargetkan seluruh keluarga bukan orang tunggal. Ini menjadi alasan untuk
makan keluarga mereka yang pada dasarnya item dibundel disajikan di tingkat
nominal yang lebih murah.
Faktor-faktor pendapatan
ekonomi
Pendapatan
merupakan faktor kunci penting bagi KFC. Faktor ini yang memutuskan kelas yang
akan ditargetkan. Dalam kebangkitan awal kfc mereka fokus pada kelas atas namun
perlahan-lahan memperkenalkan makanan ekonomi yang menarik lebih rendah untuk
kelas menengah. Perilaku konsumsi itu memperkirakan kebiasaan orang, keinginan mereka
dan tidak menyukai terhadap harga produk. Lokasi geografis preferensi seperti perkotaan, semi perkotaan. Segmentasi
perilaku sadar akan rasa, sadar kualitas, kelas, kombinasi produk dan kualitas.
Strategi harga perusahaan ini pada pasar menggelapkan, KFC memasuki pasar global
dengan menggunakan peluncuran
pasar. Produk mereka adalah harga menengah tinggi dan target kepada orang-orang kelas
atas. Secara bertahap
mereka menetes ke bawah harga berfokus pada menengah ke bawah orang-orang kelas
untuk menembus kedua sisi pasar.
Kompetisi perusahaan ini
kita dapat membandingkan harga produk KFC dengan McDonald, domino dan pizza hut, jika peserta menyediakan
produk yang sama pada harga yang lebih rendah maka organisasi biasanya
menurunkan harga produk juga. Dalam kasus jika kfc, ayam goring
merupakan titik penjualan utama dan kontrol monopoli atas pasar makanan indian cepat
hanya (dengan ayam goreng, harga burger nya, fench
kentang goreng dan minuman ringan) dengan hubungan dengan
pesaingnya. Berbasis biaya, kfc harga produk mereka
menjaga poin yang berbeda dalam tampilan. Mereka mengadopsi strategi
biaya dasar harga. Harga produk termasuk pemerintah tersebut. Pajak dan bea cukai dan
kemudian datang final tahap menentukan harga produk mereka. Produk yang agak tinggi
harga sesuai segmen pasar dan juga sebanding dengan standar produk mereka. Dalam metode berbasis biaya
kami meliputi biaya variabel dan tetap.
3. Place
Menargetkan
wilayah, gratis rumah pengiriman, strategi-mereka menyediakan pengiriman gratis
rumah ke kantor dan rumah (pilih kota) aksesibilitas mengakibatkan beberapa
outlet untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di dan sekitar kota. Karena gaya
hidup sibuk dengan lifestle sibuk individu kantor perginya konsep makanan cepat
saji menghemat waktu mempersiapkan makanan dan memberikan pelanggan sebuah
makan penuh dengan cepat, ekonomis nyaman dibanding harga ke banyak kelas
masyarakat.
Target pasar;
a.
lokasi :
·
Sibuk gaya hidup individu memberi mereka lebih
banyak waktu di tempat kerja dan stres kurang tentang menunggu makanan.
·
komersialisasi pasar perkotaan dan
sub-perkotaan menyebabkan lebih pertengahan sektor orang-orang yang menemukan
akhir makan he sendi sangat untuk mahal.
·
pertengahan-secotr orang selalu mencari
perubahan yang kfc menyediakan dalam jangkauan mereka makanan cepat saji.
·
quallity sadar-orang di daerah perkotaan lebih
sadar tentang kualitas makanan dari daerah pedesaan.
·
daerah perkotaan yang lebih banyak penduduknya
sehingga mereka membantu dengan menarik pendapatan yang lebih tinggi.
b.
penempatan outlet
Karena kfc menempatkan dirinya dekat dengan
sekolah, perguruan tinggi, bioskop dan pasar yang sebagian besar dihuni oleh
kaum muda dan mereka whoo sedang terburu-buru, kfc menikmati sejumlah besar
langkah kaki sehari-hari. di samping itu, mereka juga memiliki outlet dekat
dengan non-vegetarian (daerah-daerah berpenduduk sebagian besar muslim).
·
strategi; mengingat sifat kompetitif dari sendi
makanan cepat saji, KFC menggunakan strategi mendorong untuk membantu mereka
menciptakan, kesadaran, berbeda, menarik suara.
·
saluran; belivies kfc di saluran tingkat
pertama dalam urutan yang diberikan di bawah ini; produsen, pengecer,
konsumen.
·
saluran proses; kfc bekerja pada aliran teknik
operasi yang baik yaitu manajer operasi yang baik-menyebabkan pendapatan tim
yang baik-baik pilihan layanan-baik target-baik melalui strategi internal
berikut: pelatihan, target berbasis insentif, pengakuan untuk pekerjaan yang
baik, kinerja berbasis bonus, manfaat karyawan untuk menjaga mereka
termotivasi.
4.
Promotion
Promosi adalah
metode yang digunakan untuk menginformasikan dan mendidik khalayak target yang
dipilih tentang organisasi dan produk-produknya. menggunakan semua sumber daya
promosi, iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat, peristiwa dan
pengalaman, kupon, diskon dan paket dibundel, organisasi menemukan sebagian
besar makna dan kelangsungan hidup melalui promosi. Di KFC, promosi adalah alat
utama untuk membawa semua perhatian pecinta ayam lezat menuju satu pada ayam
goreng produk semacam itu.
iklan; logo dari kolonel tersenyum mungkin
salah satu wajah paling dikenal di dunia dan langsung membawa gambar ayam
goreng ke pikiran seseorang. KFC dan jingle perusahaan baru, "jari
licinkan baik" adalah pengumuman yang sering di televisi, billboard,
brosur dan radio. konsep menunjukkan pelanggan secara normal sangat terlibat
dalam melahap sepotong ayam nya biasanya berubah pada pabrik air liur di mulut
setiap orang dan membuat mereka terburu-buru ke kfc terdekat. di india pecinta
wherechicken banyak iklan-iklan yang menampilkan berlimpah orang normal
terhubung langsung dan membuat terburu-buru di outlet mereka. menggunakan
metode berikut kfc speards pesannya menjilati jari ayam yang baik.
iklan;
menggunakan iklan pengingat kfc merangsang pembelian ulang produk-produknya.
jari lagu linkin perusahaan yang baik hanya membangunkan up call untuk konsumen
untuk mengingatkan mereka bagaimana baik mereka merasa yang terakhir mereka
makan kfc ayam. sponsor adalah alat lain untuk memperkuat citra organisasi. KFC
saat ini sponsor tim kriket Australia dan logo kolonel dapat dilihat pada
seragam mereka sepanjang pertandingan. promosi penjualan; kfc menggunakan
alat-alat berikut ini untuk lebih meningkatkan penjualan, premi, pameran,
kupon, hiburan.
Promosi
penjualan; semua outlet kfc menawarkan pelanggan dengan berbagai bentuk
insentif untuk membeli ayam nya. menggunakan kupon yang satu dapat memperoleh
setelah menghabiskan jumlah tertentu selama periode waktu yang tetap, pelanggan
dapat menikmati manfaat dari makanan gratis atau free add-ons. tambahan mereka
menyediakan mealvouchers dan menawarkan menarik dalam iklan cetak mereka, yang
pelanggan harus memotong dan membawa.
D.
Analisi Eksternal Perusahaan
1.
Perumusan Strategi
Analisa SWOT
A. Kekuatan
1. Sebagai pelopor penyedia makanan
cepat saji.
2. Memiliki cabang di seluruh
Indonesia,sehingga daerah pemasarannya cukup luas.
3. Memiliki manajemen produksi yang
cukup baik.
4. Memiliki brand resmi yang
terkenal di seluruh dunia.
5. Pelayanan yang cepat dan ramah.
6. Disukai oleh banyak kalangan
masyarakat.
7. Rasa yang khas dan lezat.
8. Dibuat dari ayam kualitas
terbaik.
B. Kelemahan
1. Harga yang kurang terjangkau bagi kalangan masyarakat bawah.
2. Kurang memperhatikan nilai gizi.
C. Peluang
1. Mengembangkan jenis varian yang lain,antara lain dalam bentuk penyajian dan
rasa yang baru.
2. Bisa dijadikan bisnis waralaba yang bisa menjadi pemasukan dari menjual
brand dan sistem manajemennya.
D. Ancaman
1. Banyak pesaing lain yang menciptakan jenis makanan cepat saji lain seperti
burger,pizza,dll.
2. Kelangkaan bahan baku ayam berkualitas.
3. Masyarakat merasa takut mengkonsumsi ayam akibat merebaknya virus flu
burung.
4. Banyak masyarakat yang beralih ke jenis makanan yang lebih sehat dan mulai
meninggalkan mengkonsumsi “junk food”.
5. Pedagang kaki lima yang menjual fried chicken dengan harga yang lebih
terjangkau.
6. Banyak bermunculan produk tepung bumbu
ayam goreng yang memungkinkan masayarakat lebih suka membuat fried chicken
sendiri daripada membeli.
2. Strategi Kentucky Fried Chicken dalam mempertahankan posisinya sebagai market leader Master
960 Jumlah penduduk Indonesia yang
besar dengan pertumbuhan per kapita yang tergolong tinggi merupakan potensi
yang sangat besar bagi industri makanan olahan, termasuk fast food.
Ketersediaan makanan yang cepat saji (quick service) semakin dibutuhkan sejalan
dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, terutama di kawasan perkotaan yang
dinamis. Makin maraknya bisnis restoran kategori fastfood yang menyediakan menu
utama ayam goreng dan burger, khususnya yang dikembangkan melalui sistem
franchise memacu kondisi persaingan yang semakin ketat. Selain akibat masuknya
merek baru, pemain-pemain lama juga terus melakukan perluasan janngan pemasarannya.
Apalagi kategori makanan pokok sehari-hari juga menghadapi subtitusi yang kuat
dan luas, baik dari menu dan merek.
Kondisi perekonomian Indonesia yang sedang mengalami krisis
semakin mempersulit perusahaan yang bergerak dalam industri restoran fast food
franchise untuk dapat bersaing baik melalui produknya, harga, distribusi maupun
promosinya. Melemahnya nilai Rupiah menyebabkan kenaikan harga bahan baku dan
operasi perusahaan yang memaksa perusahaan untuk menaikkan harga produknya. Dan
bagi perusahaan yang memiliki hutang jangka pendek dalam dollar akan mengalami
kesulitan pembayaran. Kondisi tersebut diperparah dengan terjadinya gejolak
politik yang mengakibatkan kerusuhan dimana-mana.
Hal ini berdampak langsung terhadap industri restoran
fastfood franchise, banyak outlet mereka mengalami kerusakan parah bahkan
terbakar, tidak sedikit perusahaan yang terpaksa menutup outletnya. KFC
merupakan restoran cepat saji franchise yang hak eksklusif waralabanya dipegang
oleh PT.Fast Food Indonesia. KFC menjadi pemimpin pasar restoran cepat saji
yang dominan di Indonesia selama 20 tahun sejak tahun 1979. KFC
menspesialisasikan pada menu ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai
‘Jagonya ayam’.
Segmen KFC adalah keluarga segala usia dengan pengeluaran
diatas Rp.500.000 tiap bulannya dan target fokusnya adalah anak-anak usia 3 s/d
14 tahun. Dalam kondisi perekonomian yang sedang mengalami krisis ini KFC
sebagai market leader menerapkan strategi moble defense yaitu strategi
pertahanan bergerak Dalam kondisi bertahan dengan cara meningkatkan penjualan
dan menekan biaya, KFC tetap melakukan perluasan pada pasar yang potensial
sebagai pertahanan ataupun penyerangan dimasa depan. Strategi promosi dan
pemasaran diarahkan untuk meningkatkan penjualan dan transaksi seketika itu
juga, didukung dengan strategi produk berupa paket-paket hemat serta penetapan
harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya dan distribusi
melalui layanan pesan antar ditingkatkan dengan penambahan armada.
Strategi-strategi tersebut dijalankan untuk merealisasikan visi perusahaannya
yaitu untuk mempertahankan kepemimpinannya dan agar dikenal sebagai brand yang
paling digemari dalam usaha restoran cepat saji di Indonesia. Deskripsi
Alternatif : Jumlah penduduk Indonesia yang besar dengan pertumbuhan per kapita
yang tergolong tinggi merupakan potensi yang sangat besar bagi industri makanan
olahan, termasuk fast food. Ketersediaan makanan yang cepat saji (quick
service) semakin dibutuhkan sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat,
terutama di kawasan perkotaan yang dinamis. Makin maraknya bisnis restoran
kategori fastfood yang menyediakan menu utama ayam goreng dan burger, khususnya
yang dikembangkan melalui sistem franchise memacu kondisi persaingan yang
semakin ketat. Selain akibat masuknya merek baru, pemain-pemain lama juga terus
melakukan perluasan janngan pemasarannya. Apalagi kategori makanan pokok
sehari-hari juga menghadapi subtitusi yang kuat dan luas, baik dari menu dan
merek. Kondisi perekonomian Indonesia yang sedang mengalami krisis semakin
mempersulit perusahaan yang bergerak dalam industri restoran fast food
franchise untuk dapat bersaing baik melalui produknya, harga, distribusi maupun
promosinya. Melemahnya nilai Rupiah menyebabkan kenaikan harga bahan baku dan operasi
perusahaan yang memaksa perusahaan untuk menaikkan harga produknya.
Dan bagi perusahaan yang memiliki hutang jangka pendek dalam
dollar akan mengalami kesulitan pembayaran. Kondisi tersebut diperparah dengan
terjadinya gejolak politik yang mengakibatkan kerusuhan dimana-mana. Hal ini
berdampak langsung terhadap industri restoran fastfood franchise, banyak outlet
mereka mengalami kerusakan parah bahkan terbakar, tidak sedikit perusahaan yang
terpaksa menutup outletnya. KFC merupakan restoran cepat saji franchise yang
hak eksklusif waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food Indonesia. KFC menjadi
pemimpin pasar restoran cepat saji yang dominan di Indonesia selama 20 tahun
sejak tahun 1979. KFC menspesialisasikan pada menu ayam goreng dan memposisikan
dirinya sebagai ‘Jagonya ayam’. Segmen KFC adalah keluarga segala usia dengan
pengeluaran diatas Rp.500.000 tiap bulannya dan target fokusnya adalah
anak-anak usia 3 s/d 14 tahun.
Dalam kondisi perekonomian yang sedang mengalami krisis ini
KFC sebagai market leader menerapkan strategi moble defense yaitu
strategi pertahanan bergerak Dalam kondisi bertahan dengan cara meningkatkan
penjualan dan menekan biaya, KFC tetap melakukan perluasan pada pasar yang
potensial sebagai pertahanan ataupun penyerangan dimasa depan. Strategi promosi
dan pemasaran diarahkan untuk meningkatkan penjualan dan transaksi seketika itu
juga, didukung dengan strategi produk berupa paket-paket hemat serta penetapan
harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pesaingnya dan distribusi
melalui layanan pesan antar ditingkatkan dengan penambahan armada.
Strategi-strategi tersebut dijalankan untuk merealisasikan visi perusahaannya
yaitu untuk mempertahankan kepemimpinannya dan agar dikenal sebagai brand yang
paling digemari dalam usaha restoran cepat saji di Indonesia.
3.
Perencanaan
Aliansi
Pemikiran mendalam tentang struktur dan rincian bagaimana aliansi
akan dikelola perlu mempertimbangkan dalam perencanaan proses aliansi.
Korporasi terlebih dahulu mendefinisikan outcome yang diharapkan melalui
hubungan aliansi strategis dan menentukan elemen-elemen apa saja yang dapat
disediakan oleh masing-masing pihak dan keuntungan yang akan diperoleh.
Korporasi juga perlu terlebih dahulu melakukan proteksi atas berbagai hak
kekayaan intelektual (HAKI) melalui kesepakatan dan perjanjian legal. Korporasi
juga harus sejak awal menentukan pada layanan atau produk apa yang akan
dijalankan. Setelah beberapa
kajian tersebut dilakukan, proses pembentukan aliansi strategis dapat melalui
tahapan berikut:
1)
Pengembangan
Strategi.
Pada tahap ini akan dilakukan kajian tentang kelayakan aliansi,
sasaran dan rasionalisasi, pemilihan fokus isu yang utama dan menantang,
pengembangan sumberdaya strategi untuk mendukung produksi, teknologi, dan
sumber daya manusia. Pada tahapan ini dilakukan penyesuaian sasaran dengan
strategi keseluruhan perusahaan/ korporasi.
2)
Penilaian
Rekanan.
Pada tahap ini dilakukan
analisis potensi rekan yang akan dilibatkan, baik kekuatan maupun kelemahan,
penciptaan strategi untuk mengakomodasi semua gaya manajemen rekanan, menyiapkan
kriteria pemilihan rekanan, memahami motivasi rekanan dalam membangun aliansi
dan memperjelas gap kapabilitas sumber daya yang mungkin akan dikeluarkan oleh
rekanan.
3)
Negosiasi
Kontrak.
Tahap ini mencakup penentuan apakah semua pihak memiliki sasaran
yang realistik, pembentukan team negosiasi, pendefinisian kontribusi
masing-masing pihak dan pengakuan atas proteksi informasi penting, pasal-pasal
terkait pemutusan hubungan, hukuman/ penalti untuk kinerja yang buruk, dan
prosedur yang jelas dan dapat dipahami dalam interaksi.
4)
Operasionalisasi
Aliansi.
Operasionalisasi aliansi mencakup penegasan komitmen manajemen
senior masing-masing pihak, penentuan sumber daya yang digunakan untuk aliansi,
menghubungkan dan menyesuaian anggaran dan sumberdaya dengan prioritas
strategis, penegasan kinerja dan hasil dari aktivitas aliansi.
5)
Pemutusan
Aliansi.
Aliansi dapat dihentikan dengan syarat-syarat tertentu yang
disepakati. Pada umumnya ketika sasaran tidak tercapai, atau ketika partner
melakukan perubahan prioritas strategis, atau melaukan realokasi sumberdaya ke
tempat yang berbeda.
4.
Strategi
promosi KFC lewat Band Indie
Dalam meningkatkan sales perusahaan, banyak perusahaan menyadari
bahwa jalur musik adalah salah satu cara efektif dalam memasarkan suatu produk
yang ditujukan pada para remaja atau anak muda yang relatif konsumtif. Oleh
sebab itu KFC melirik dunia musik Indonesia sebagai salah satu sarana promosi
franchise KFC.
Setelah melihat kesuksesan Indonesian Idol, KFC melihat prospek
penyanyi tidak
terkenal yang berpotensi untuk diorbitkan di dunia entertainement Indonesia. Tidaklah heran bila pada akhirnya KFC memilih jalur Band Indie dalam melakukan promo franchise KFC. Oleh sebab itu, KFC mendirikan KFC Music Factory di mana banyak band band indie yangbergabung. Musik yang diperdengarkan relatif musik yang easy listening. Hingga saat ini KFC Music Factory telah memiliki 23 artis dengan 2 album. Salah satu bukti keberhasilan band indie adalah suksesnya album Juliette di mana pada akhirnya Juliette menjadi brand ambassador KFC. Hingga saat ini, Album Juliette yang hanya bisa dibeli di counter KFC telah menghasilkanpenjualan sekitar Rp. 10 milyar dan sudah diputar oleh 280 radio secara nasional. Selain itu, KFC juga membuat satu komunitas musik untuk anak anak muda yang dinamai Music Hitters, di mana para membernya dalah para pembeli CD yang di dalamnya terdapat scratch card untuk bisa log in ke website www.kfcmusichitlist.com. Setiap minggu, para member akan mendapatkan SMS yang dapat ditukarkan di gerai KFC untuk mendapatkan produk KFC Goceng.
terkenal yang berpotensi untuk diorbitkan di dunia entertainement Indonesia. Tidaklah heran bila pada akhirnya KFC memilih jalur Band Indie dalam melakukan promo franchise KFC. Oleh sebab itu, KFC mendirikan KFC Music Factory di mana banyak band band indie yangbergabung. Musik yang diperdengarkan relatif musik yang easy listening. Hingga saat ini KFC Music Factory telah memiliki 23 artis dengan 2 album. Salah satu bukti keberhasilan band indie adalah suksesnya album Juliette di mana pada akhirnya Juliette menjadi brand ambassador KFC. Hingga saat ini, Album Juliette yang hanya bisa dibeli di counter KFC telah menghasilkanpenjualan sekitar Rp. 10 milyar dan sudah diputar oleh 280 radio secara nasional. Selain itu, KFC juga membuat satu komunitas musik untuk anak anak muda yang dinamai Music Hitters, di mana para membernya dalah para pembeli CD yang di dalamnya terdapat scratch card untuk bisa log in ke website www.kfcmusichitlist.com. Setiap minggu, para member akan mendapatkan SMS yang dapat ditukarkan di gerai KFC untuk mendapatkan produk KFC Goceng.
Menurut Fabian Gelael, Managing Director KFC, misi KFC Music
Factory mengalami banyak kendala, khususnya media televisi. Karena menurut
pihak media, artis KFC adalah anteknya KFC dan bila artis KFC ditampilkan, sama
saja dengan menampilkan iklan KFC dengan gratis. Tetapi justru sebaliknya,
Program KFC Music Factory mendapat sambutan baik dair YUM! Brands International
yang berpusat di Dallas, Amerika Serikat dan rencananya program tersebut akan
menjadi program internasional. Sampai dengan tahun 2008 banyak sekali restoran
- restoran yang telah dan mulai bermunculan di Indonesia ini.
Tetapi apabila kita melihat lebih dalam lagi dari tahun ke tahun,
restoran fastfood yang mendominasi hanya itu itu saja. Contohnya adalah Mc
Donald. Perusahaan ini sangatlah laris di negara Indonesia ini. Produk yang
mereka tawarkan pun menarik. Mulai dari makanan sampai dengan service yang
mereka tawarkan. Produk yang mereka tawarkan adalah seperti ayam, nasi, kentang
goreng, hamburger, dan juga mainan serta jasa pesan antar. Kita lihat di luar
negeri seperti di USA, Mc D di sana tidak ada yang menjual nasi, sambal, serta
bubur ayam. Mengapa sampai ada produk itu di Indonesia? Hal ini karena kekreatifan
strategi penjualan para orang di dalam tubuh perusahaan ini untuk mengikuti
kebiasaan dari suatu negara. Sebagai contoh adalah Mc Donald Indonesia yang
beradaptasi dengan kebudayaan Indonesia.
Di USA, kebiasaan untuk memakan fast food hanya hamburger dan
kentang goreang saja tanpa nasi, ayam, dan sambal. Seperti yang bisa dilihat
bahwa di Indonesia ini mayoritas orang - orang golongan menengah yang kurang
begitu tertatirk dengan nasi dan ayam. Mc D melihat ini sebagai peluang dan
akhirnya mereka mengadaptasi budaya Indonesia yang makanan pokoknya adalah nasi
serta dengan lauk ayam serta disajikan dengan sambal tomat dan cabai. Selain
itu, kekreatifan perusahaan ini bias dilihat dari jasa layan antar yang mereka
ciptakan. Mereka melihat apa yang dibutuhkan pelanggan karena pada dasarnya
banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan ataupun mahasiswa yang sibuk dengan
tugasnya sehingga tidak sempat mencari makan diluar. Atas pertimbangan ini Mc
Donald mengadakan jasa layan antar dengan menghubungi 14045. Manajemen dari
service ini sangatlah baik mulai dari pencatatan sampai dengan pengiriman ke
tempat tujuan.
Selain itu, kita bisa melihat yang juga masih dominan saat ini
adalah Kentucky Fried Chicken atau biasa disebut dengan KFC. Banyak dari
masyarakat mengatakan bahwa Mc Donald jagonya hamburger tetapi KFC jagonya
ayam. Hal ini telah dibuktikan oleh banyak orang bahwa produk yang terbuat dari
ayam lebih enak dari KFC mulai dari ayam, crispy stripe, golden crispie, sampai
dengan kebab dengan daging ayam khas KFC. Orang kreatif penemu resep unggulan
ini adalah Colonel Sanders yang mempunyai nama panjang Harland D. Sanders. KFC
juga ada jasa layan antar tetapi tidak sehebat Mc Donald yaitu 24 jam sehari non
stop dan KFC hanya sampai jam 10 malam. Karena banyaknya permintaan, pada tahun
2008 KFC memulai untuk membuka pesan antar 24 jam sehari untuk memenuhi
kepuasan konsumen. Sebenarnya banyak sekali pesaing dari mereka ini seperti
Popeye, Wendy’s, California Fried Chicken, A&W. Mengapa mereka tidak bisa
ikut menjadi dominan? Hal ini karena tingkat inovasi mereka di product dan
resep kurang sehingga pelanggan mungkin bosan dengan menu yang itu - itu saja.
5. Strategi Frenchise KFC
KFC Indonesia merupakan salah satu contoh keberhasilan brand internasional yang dikembangkan lewat pola kerja sama franchise. Brand ini memulai kiprahnya di Indonesia sejak 1979. Eksistensinya hingga kini masih mendominasi bidang bisnis yang digelutinya. Sepanjang perjalanannya hingga kini, KFC Indonesia yang ditukangi oleh Gelael Group, lewat PT Fastfood Indonesia Tbk. sebagai master franchise KFC di Indonesia, tidak pernah dipindahtangankan. Hal itu merupakan bukti dari terjalinnya hubungan harmonis antara franchisee-franchisor.
Gelael Grup membawa masuk KFC ke Indonesia dan membangunnya dari mulai outlet pertama hingga sekarang berjumlah sekitar 398 outlet tersebar di seluruh Indonesia. Jadi ini adalah usaha frenchise yang dikelola dan dimiliki oleh Galael grup secara pribadi.
Sampai saat ini KFC tidak melakukan kerjasama dalam bentuk sub-waralaba untuk merek KFC, kecuali kerjasama dalam bentuk lain, yaitu :
1. Kerjasama Sewa lokasi.
2. Kerjasama investasi (tidak termasuk gedung/bangunan)
3. Kerjasama investasi (termasuk gedung/bangunan)
Alasan KFC Indonesia tidak mensubfranchisekan outletnya adalah sulitnya kontrol yang harus dilakukan. Perbedaan lokasi, kondisi leverage education yang sudah begitu tinggi, akan terdapat perbedaan standar antara satu outlet dengan outlet lainnya.Service yang berbeda, kepemilikannya berbeda, sehingga passionnya berbeda.
Selain itu untuk menjaga kepemimpinan pasar KFC juga menerapkan strategi sebagai berikut:
KFC Indonesia merupakan salah satu contoh keberhasilan brand internasional yang dikembangkan lewat pola kerja sama franchise. Brand ini memulai kiprahnya di Indonesia sejak 1979. Eksistensinya hingga kini masih mendominasi bidang bisnis yang digelutinya. Sepanjang perjalanannya hingga kini, KFC Indonesia yang ditukangi oleh Gelael Group, lewat PT Fastfood Indonesia Tbk. sebagai master franchise KFC di Indonesia, tidak pernah dipindahtangankan. Hal itu merupakan bukti dari terjalinnya hubungan harmonis antara franchisee-franchisor.
Gelael Grup membawa masuk KFC ke Indonesia dan membangunnya dari mulai outlet pertama hingga sekarang berjumlah sekitar 398 outlet tersebar di seluruh Indonesia. Jadi ini adalah usaha frenchise yang dikelola dan dimiliki oleh Galael grup secara pribadi.
Sampai saat ini KFC tidak melakukan kerjasama dalam bentuk sub-waralaba untuk merek KFC, kecuali kerjasama dalam bentuk lain, yaitu :
1. Kerjasama Sewa lokasi.
2. Kerjasama investasi (tidak termasuk gedung/bangunan)
3. Kerjasama investasi (termasuk gedung/bangunan)
Alasan KFC Indonesia tidak mensubfranchisekan outletnya adalah sulitnya kontrol yang harus dilakukan. Perbedaan lokasi, kondisi leverage education yang sudah begitu tinggi, akan terdapat perbedaan standar antara satu outlet dengan outlet lainnya.Service yang berbeda, kepemilikannya berbeda, sehingga passionnya berbeda.
Selain itu untuk menjaga kepemimpinan pasar KFC juga menerapkan strategi sebagai berikut:
·
Menciptakan
dan mengembangkan budaya yang kokoh di dalam organisasi dimana setiap karyawan
memberikan perbedaan dengan berinovasi dan selalu berpikir di luar kebiasaan.
·
Membangun
pola pikir yang berorientasi pada “Customer and Sales Mania” dengan kesadaran
tinggi untuk memberikan kepuasan kepada konsumen melebihi dari yang diharapkan.
·
Memberikan
perbedaan brand KFC yang sangat kompetitif dengan berbagai ide dan strategi
yang inovatif.
·
Mengembangkan
kesinambungan dalam sumber daya manusia dan proses yang kuat berfokus pada
pengembangan kompetensi dan kemampuan.
·
Mempertahankan
konsistensi dalam pencapaian prestasi yang terbaik.
Daftar Pustaka
-
http://viqih2307qiecky.blogspot.com/2011/11/marketiing-mix-4p-pada-perusahaan-kfc.html
-
http://christianingrum.blogspot.com/2011/11/makalah-aliansi-strategis.html
-
http://ayupurnamadewipurnama3.blogspot.com/2012/04/strategi-pemasaran-marketing-strategy.html
-
http://christianingrum.blogspot.com/2011/11/makalah-aliansi-strategis.html
-
http://fitriana015.blogspot.com/2010/06/kentucky-fried-chicken-di-indonesia.html
-
http://www.scribd.com/doc/68056339/30/Struktur-Organisasi-PT-Fast-Food-Indonesia-Tbk4
terima kasih atas artikelnya, sangat sesuai dengan informasi yang saya butuhkan
BalasHapusBisnis tahun 2014
apakah dagingnya halal
BalasHapusHalal gak halal tergantung kita meyakini-nya
Hapusmohon tambahkan kesimpulan dari yang anda sampaikan
BalasHapusAnda dapat membaca juga sepak bola terbaik, prediksi berita di situs saya
BalasHapusPrediksi Bola Terbaik
Terima Kasih